Selasa, 19 Oktober 2010

Game Sniper Terbaik

Sniper: Ghost Warrior merupakan salah satu game bergaya Firts Person Shooter (FPS) yang menempatkan pemain sebagai seorang Sniper. Sebagai seorang prajurit, pemain bakal melewati beragam misi serta senjata khas militer.

Dalam game ini pemain akan menjalani misi dari 2 orang yang berbeda. Pertama, gamer akan berperan sebagai penembak jitu aka sniper, lalu ada juga misi yang akan membawa pemain sebagai anggota pasukan Delta Force.

Menguji Ketangkasan Menembak

Awal permainan, gamer akan disuguhkan dengan berbagai turtorial menembak. Meski bisa dilampaui, namun pemain dianjurkan untuk terus mengikuti pelatihan tersebut. Pasalnya, banyak sekali strategi perang atau gaya menembak yang patut dipelajari.

Berperan sebagai seorang sniper, menuntut pemain untuk jago menembak. Dan bisa dibilang, mungkin ini satu-satunya fitur paling menyenangkan dalam game ini. Gamer dituntut untuk membunuh lawan tanpa terdeteksi sedikit pun. Cukup menegangkan dan menantang bukan?

Sebagai seorang sniper, pemain tidak hanya asal menembak. Game ini menuntut beberapa perhitungan yang cukup realitis. Misalnya, untuk menembak tepat ke sasaran pemain harus memperhitungkan beberapa hal mulai dari, arah angin, jangkauan, hingga daya gravitasi. Jadi menembak musuh yang sedang bergerak bukanlah perkara mudah dalam game ini.

Ingat sebuah 'titik merah' yang ada pada hampir semua game FPS? Ketika gamer bermain dalam modus 'Hard' maka tanda yang biasa digunakan untuk mengenai sasaran tersebut ditiadakan. Jadi gamer harus memperhitungkan sendiri beberapa fakta untuk menembak tepat ke sasaran.

Sistem Permainan Menarik Namun Membosankan

Sejatinya, Sniper: Ghost Warrior memiliki sistem permainan yang menarik, terlebih lagi untuk gaya sniping yang ditawarkan. Hanya saja berkat penggunaan Artificial Intelligence (AI) yang kurang pas,  serta alur cerita yang kurang menarik, membuat game ini terasa membosankan.

Untuk grafis, City Interactive sebagai pengembang sekaligus penerbit Sniper: Ghost Warrior mempercayakan pada Chrome Engine 4. Jadi kualitasnya terbilang cukup baik dengan pemandangan hutan dan pegunungan yang indah.

Namun hal yang paling mengagumkan dalam game ini adalah tatanan suaranya. Untuk menjatuhkan lawan tanpa terdeksi, sistem suara pada komputer yang digunakan amatlah berperan penting. Gamer harus memperhatikan langkah kaki, atau suara ranting yang terinjak untuk menembak lawan tanpa diketahui.

Keluaran suara pun kian sempurna ketika detikINET menggunakan speaker berbasis 5.1. Pemain dapat mengetahui dari arah mana musuh datang hanya dengan mendengarkan langkah kaki, atau desingan peluru yang mereka lontarkan. Ouw ya, suara perluru yang keluar dari laras panjang pemain tebilang amat mengagumkan dan hebat loh..
Tidak hanya itu, pemain dapat menyaksikan bahwa pelurunya tepat mengenai sasaran melalui sebuah fitur bullet time ala Max Payne. Cukup mengibur, usai bersusah payah untuk melakukan tembakan yang pas.

Namun sayang beberapa hal indah tersebut harus kandas berkat penggunaan AI yang kurang pas. Berbeda dengan jangkauan tembak yang dimiliki pemain, para musuh dapat menembak dari jarak yang amat jauh. Belum lagi mereka dapat dengan mudah sekali mengetahui lokasi pemain dan secara cepat menembak dengan membabi buta.

Para AI yang dijadikan rekan pemain selama bertugas pun terbilang kurang membantu, mereka kurang merespon terhadap segala serangan yang digempurkan musuh. Jadi terasa kurang efektif membantu menyelesaikan misi.

Dalam game ini memang pemain tidak hanya berperan sebagai seorang sniper. Pada misi tertentu, pamain akan mendapatkan peran sebagai salah satu pasukan Delta Force. Di sinilah gamer bisa menembak dengan gaya Call of Duty tanpa harus mengendap-endap terlebih dahulu.

Dengan beragam fitur yang ditawarkan, game ini memang mampu menguji kemampuan pemain dalam menembak. Keharusan untuk menjatuhkan lawan tanpa terdeteksi pun memiliki nilai tersendiri bagi para penggila game stealth action. Hanya saya jika disertakan dengan AI dan alur cerita yang solid, game ini pastinya akan tampil lebih mengesankan.

Kelebihan:
+ Gaya menembak yang asyik
+ Tatanan suara yang mengagumkan

Kekurangan:
- AI kurang pas
- Alur cerita kurang menarik

Sumber:www.detik.com

2 komentar: