Sabtu, 02 Februari 2013

Serba Tiga


Didunia ini hanya ada tiga hari saja, yaitu : Pertama, hari kermarin yang telah lewat, maka tidak ada lagi kesempatan sedikitpun bagi kita untuk berbuat. Kedua, hari esok yang kita tidak dapat mengetahui apakah dapat menemui atau tidak. Ketiga, hari ini, disaat kita berada didalamnya.
Didunia ini pun hanya ada tiga waktu, yaitu : Pertama, waktu yang telah lewat yang telah kita lalui bersama. Kedua, waktu yang belum dilalui, yang kita tidak mengetahui apakah dapat melalui atau tidak. Ketiga, waktu yang kita berada didalamnya
Didunia ini juga hanya ada tiga nafas, yaitu : Pertama: nafas yang telah lewat yang kita telah menyelesaikan perbuatan dan pekerjaan didalamnya. Kedua, nafas yang belum sampai, apakah kita dapat memakai atau tidak. Ketiga, nafas yang kita sedang ada bersamanya.
Oleh sebab itu, marilah dihari ini. Ketika waktu bersama dan nafas masih berada didalamnya, kita kerjakan amal saleh. Tinggalkan yang tak berguna. Jauhkan perbuatan dosa, agar dikemudian hari akhir tak akan ada penyesalan selamanya.
Ada tiga orang tua kita, yaitu Pertama, orang tua yang menyebabkan kita dilahirkan(ibu dan bapak), Kedua, orang tua yang memberikan kesempatan kepada kita, mendapatkan pasangan(mertua). Ketiga, orang tua yang mengajarkan ilmu agama untuk menuju kebahagiaan dan keselamatan dunia akhirat (guru, ustad, kyai). Mereka adalah orang tua yang hakiki serta harus diutamakan.

Ada tiga perkara yang tergolong musibah yang membinasakan :Pertama, penguasa yang apabila kita berbuat baik kepadanya tidak mensyukuri; dan apabila kita berbuat kesalahan tidak mengampuni. Kedua, tetangga yang kalau melihat kebaikan kita, dia diam. Akan tetapi kalau dia melihat keburukan kita, disebarluaskan. Ketiga, istri yang jika berkumpul bersama menggganggu; dan jika kita pergi ia suka mengkhianati.
Ada tiga tanda orang munafik, yaitu; Pertama, apabila berbicara, ia berdusta. Kedua, apabila berjanji, ia mengingkari. Ketiga, apabila dipercaya, ia mengkhianati.
Tiga bencana yang akan diturunkan, apabila manusia menjauhi para ulama, yaitu; Pertama, Allah SWT , akan mengangkat keberkahan usahanya. Kedua, Allah SWT akan menempatkan/memberikan penguasa/pemimpin yang zalim. Ketiga, manusia akan meninggal dunia/wafat dalam keadaan tanpa membawa iman (su’ul khatimah).
Tiga orang yang halal darahnya : Pertama, janda atau duda yang berzina. Kedua, pembunuhan yang dilakukan dengan sengaja. Ketiga, orang yang murtad/meninggalkan agamanya.
Tiga golongan manusia yang diharamkan masuk kedalam surga Allah SWT, yaitu Pertama, pemabuk durjana. Kedua, wanita yang menyerupai pria, atau sebaliknya. Ketiga, seseorang yang membiarkan anggota keluarganya berbuat dosa.
Dikutip dari buku : Menjaga Cinta dan Ridha Allah yang Abadi (Sebuah Renungan Diri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar