Minggu, 19 Februari 2012

Cara Meningkatkan dan Menjaga Stamina Saat Bermain Sepakbola

Selain terampil dan hebat dalam memainkan bola, menggiring bola, mencetak gol, memiliki kecepatan, setiap pemain sepakbola juga harus memiliki stamina yang prima untuk bermain selama 90 menit di lapangan. Karena itu berlatih dengan tepat dan rutin, ditambah dengan gaya hidup sehat sudah menjadi keharusan bagi setiap pemain sepakbola.


Jika anda saat ini bercita-cita untuk menjadi pemain sepakbola selama mungkin, berikut ini beberapa tips yang bisa jadi panduan anda untuk meningkatkan dan menjaga stamina anda tetap prima.



  • Tingkatkan ketahanan berlari. Anda dapat meningkatkan stamina anda dengan melakukan olah raga lari. Jika dalam satu minggu anda berlari sejauh 3 kilometer, minggu berikutnya anda dapat mencoba untuk berlari sejauh 5 kilometer. Selain meningkatkan dan menjaga stamina, hal ini juga dapat memperkuat otot kaki dan paha anda serta meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh anda.
  • Berenang dan menyelam di dalam air. Anda dapat melakukan olah raga renang dan menyelam untuk meningkatkan dan menjaga kondisi stamina anda. Olah raga ini juga dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, mengontrol pernapasan dan meningkatkan kekuatan otot-otot tubuh anda.
  • Latihan bergantian secara rutin. Maksudnya adalah anda dapat melakukan 2 jenis atau lebih olah raga secara bergantian. Contohnya pada latihan pertama anda dapat melakukan jalan cepat, kemudian berlari, kemudian berjalan lagi, kemudian berlari secara bergantian. Hal ini dapat anda selingi dengan beristirahat sejenak sambil melakukan senam ringan untuk melenturkan otot-otot anda.
  • Latihan lompat jongkok. Lompat jongkok secara rutin dapat membantu anda meningkatkan kekuatan otot kaki dan paha anda. Anda dapat melakukannya dalam latihan selama beberapa menit. Karena kekuatan otot dan kaki adalah hal terpenting dalam menjaga stamina anda dalam bermain sepakbola.
  • Latihan tubuh bagian atas. Walaupun bermain sepakbola sebagian besar menggunakan tubuh bagian bawah, anda harus tetap menjaga kondisi tubuh bagian atas anda, agar keseimbangan tubuh anda tetap terjaga. Anda dapat melakukan senam ringan untuk melatih kepala, leher, pundak, punggung dada dan tangan anda agar tetap terjaga kelenturannya dan tidak kaku. Hal ini juga dapat membantu anda meningkatkan dan stamina anda.
  • Istirahat yang cukup. Untuk menjaga stamina anda perlu mendapatkan istirahat yang cukup. Anda harus memiliki jadwal yang tepat kapan untuk berlatih, bermain sepakbola, tidur dan beristirahat. Anda juga harus mengurangi waktu untuk begadang dan keluar di malam hari karena akan mengganggu waktu istirahat anda.
  • Makan makanan sehat dan gizi yang seimbang. Anda harus menjaga dan mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. Anda harus mengurangi makanan yang berlemak tetapi banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dan daging secukupnya. Anda juga dapat mengkonsumsi vitamin dan nutrisi tambahan yang dapat menjaga kondisi tubuh anda tetap baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar