Minggu, 19 Februari 2012

tips dan trik buat agan yang sulit belajar matematika

1. Membaca saja tak akan cukup
Buku paket yang memperkenalkan suatu konsep matematika biasanya sangat kompleks dan sulit untuk dimengerti. Maka dari itu membaca saja tidak akan cukup. Gw malah menyarankan jangan membaca buku paket terlalu banyak. Ambil saja intisarinya. Bagian yang penting dari text book matematika hanya pada soal latihan, contoh dan proses pengerjaannya, definisi dari suatu konsep dan kotak rumusnya. Gunakan bagian-bagian itu untuk mendukung pemahaman anda.

2. Latihan dan Latihan
Matematika adalah pelajaran yang abstrak. Maka dibutuhkan latihan yang intensif untuk memahami konsep matematika ini. Agan tidak perlu mengerjakan 1000 soal per hari. Cukup mengerjakan 2 atau 3 soal yang mendasar dari suatu konsep. Apabila agan sudah menguasai suatu konsep, cobalah mengerjakan variasi soal yang lebih sulit. Dengan demikian agan bisa lebih memahami lagi konsepnya.

3. Aplikasikan
Aplikasikan konsep matematika dalam kehidupan agan. Agan dapat mengaplikasikan diberbagai disiplin ilmu. Contohnya akuntansi, atau fisika dan disiplin ilmu yang lain. Dengan demikian agan bisa memahami lebih dalam mengenai penggunaan dari rumus matematika itu.

4. Buatlah lembaran rumus

Rumus yang agan dapatkan harus dirangkumkan. Dengan demikian agan bisa mengetahui rumus-rumus matematika yang agan pelajari. Lembaran rumus itu berisi rumus jadi. Namun agar agan dapat mengerti lebih dalam, agan coba menurunkan rumus itu dari rumus mentah. Misalnya rumus Persamaan garis lurus.
Kita ketahui bahwa gradien atau m sama dengan (y1-y2)/(x1-x2)
sedangkan untuk mencari garis lurus rumusnya adalah y-y1 = m(x-x1)
namun bila gradiennya tidak diketahui maka rumusnya kita turunkan dengan mensubstitusi m dengan rumus gradien.
(y-y1) = {(y1-y2)/(x1-x2)}(x-x1)
(y-y1)/(y1-y2)=(x-x1)/(x1-x2)
Sebisa mungkin turunkan rumus yang agan pelajari agar agan bisa lebih memahami asal usul rumus itu.

5. Jangan terburu-buru
Jangan sekali-kali agan menggunakan rumus cepat sebelum agan mengerti konsep matematika. Karena rumus cepat sangat sulit dipahami. Kembali lagi agan harus menggunakan rumus yang standar yang menjadi dasar dari rumus cepat itu. Kalau agan sudah mengerti, barulah agan boleh menggunakan rumus cepat.

6. Rinci
Rincikan proses pengerjaan agan. misalnya agan mensubstitusi, agan gunakan tanda kurung yang menunjukan suatu variable telah tersubstitusi. Kalo agan lakukan ini terus, agan dapat mengerti mengenai konsep itu lebih dalam. Bila agan sudah mengerti, agan bisa langsung mengerjakan tanpa harus merincinya. Oleh sebab itu, tulis lengkap setiap prosesnya untuk memahami.

7. Yang utama adalah kreatif
Agan dalam mengerjakan suatu soal harus kreatif dengan menggunakan alternatif rumus. Dengan demikian agan bisa mengetahui bahwa agan memang telah memahami apa yang agan pelajari. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar