Sabtu, 19 Mei 2012

7 Cara Mudah Cegah Kanker

Anda mungkin pernah mendengar laporan yang saling bertentangan tentang apa yang dapat membantu Anda mencegah kanker. Masalah pencegahan kanker saat ini masih membingungkan. Namun Anda bisa meyakini hal ini, bahwa perubahan kecil dalam hidup Anda dapat membantu Anda mengurangi terkena resiko kanker.

Cobalah tujuh langkah berikut ini:

1. Jangan gunakan tembakau.

Semua jenis tembakau membawa Anda pada jalur kanker. Menolak tembakau adalah jalan terbaik untuk menghindarinya. Jadi baik mengunyah tembakau atau pun merokok, pastikan Anda tidak melakukannya lagi.

Merokok biasanya dikaitkan dengan kanker kandung kemih, leher rahim, esophangus, ginjal, mulut, pancreas, tenggorokan, dan saluran suara.

Bahkan jika Anda bukan perokok, pastikan Anda tidak menjadi perokok pasif. Hindari berada ditengah-tengah perokok.

2. Makan makanan sehat

Sekalipun memilih makanan sehat tidak bisa menjamin Anda tidak terkena kanker, namun hal ini membantu Anda mengurangi resiko.

American Cancer Society menyarankan Anda agar :


*
Makan sayur dan buah lima porsi atau lebih setiap hari. Selain itu makanlah padi-padian, dan kacang-kacangan beberpa kali sehari.
*
Batasi lemak. Hindari makanan berlemak tinggi, selain menghindari kanker hal ini juga menghindarkan Anda dari obesitas.
*
Hindari minuman ber-alkohol. Konsumsi alcohol memicu kanker tenggorokan, kerongkongan, ginjal, hati dan kanker payudara. 

3. Tetap aktif dan menjaga berat badan yang sehat.

Menjaga berat badan dan berolahraga teratur sangat berperan penting dalam pencegahan kanker. Program olahraga yang aman tersedia hampir bagi setiap orang. Dokter Anda dan ahli terapi fisik bisa membantu Anda merancang olahraga yang tepat.

4. Lindungi kulit Anda dari matahari

Kanker kulit adalah alasan utama menghindari matahari, meskipun paparan sinar X atau kontak dengan bahan kimia tertentu dapat juga menjadi penyebab kanker.

Sebagian besar kulit terbuka, termasuk wajah, tangan, lengan, dan telinga. Hampir semua kanker kulit dapat diobati, untuk itu sangat penting Anda melakukan deteksi dini. Tetapi untuk pencegahan, Anda bisa lakukan hal berikut:

*
Hindari keluar pada waktu puncak radiasi terjadi, hal ini mulai terjadi pukul 10 pagi - 4 sore.
*
Tetaplah ditempat teduh jika Anda berada di luar ruangan.
*
Tutupilah kulit Anda ketika berada di bawah sinar matahari langsung. Kenakan pakaian berwarna terang, dan pastikan lengan dan kaki Anda tertutup.
*
Jangan menghemat tabir surya. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15.
*
Jangan gunakan alat pencoklat kulit atau pemutih kulit, hal yang tidak terjadi alami, tidak sehat. 

5. Lakukan imunisasi.

Kanker tertentu berhubungan dengan infeksi virus dan dapat dicegah dengan imunisasi. Beberapa imunisasi yang perlu Anda dapatkan adalah Hepatitis B, Human Papiloma Virus (HPV) untuk mencegah virus yang ditularkan melalui hubungan seksual dan menyebabkan kanker serviks.

6. Hindari prilaku beresiko.

Jangan lakukan hubungan seksual yang beresiko tinggi. Selain itu kanker juga bisa disebarkan dengan penggunaan jarum suntik yang terkontaminasi virus.

7. Periksakan diri Anda secara rutin

Pemeriksaan rutin bisa mendeteksi keberadaan kanker pada diri Anda sejak dini sehingga bisa meningkatkan kesempatan untuk pengobatan. Pemeriksaan harus meliputi, kulit, mulut, usus besar dan rectum. Jika pria termasuk dengan prostat, dan bila wanita termasuk leher rahim dan skrining payudara.

Pastikan Anda memperhatikan perubahan-perubahan dalam tubuh Anda, karena hal ini dapat membantu mendeteksi dini kanker. Selain itu kunjungi dokter Anda secara teratur untuk pemeriksaan serta peliharalah gaya hidup sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar