Rabu, 27 Juni 2012

8 Tips untuk mengamankan Windows 7


Popularitas Windows 7 di dunia sistem operasi memang tinggi. Setelah dukungan Microsoft terhadap Windows XP dihentikan, membuat user mulai beralih mencoba Windows 7. Terutama bagi user yang menginginkan sebuah user experience baru dari Windows 7, karena Windows 7sendiri menawarkan berbagai macam user experience baru yang belum pernah ada atau hasil pengembangan dari versi sebelumnya.
Berbagai macam kalangan user dari yang pro hingga newbie tentunya merasakan user experience yang berbeda pula. Bagi Anda yang baru dengan Windows 7, ada baiknya memperhatikan faktor keamanan sistem operasinya untuk mencegah terjadinya kerusakan sistem oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab. Beberapa waktu yang lalu, penulis pernah membahas tentang merawat dan mengelola Windows 7 agar performa tetap terjaga. Namun, kali ini penulis akan membahas tentang bagaimana mengamankan Windows 7 itu sendiri.
  1. Memberikan PasswordAda alasan mengapa user terkadang enggan memberikan password pada komputernya. Mereka biasanya enggan membuang waktu dengan mengisikan password pada saat loginWindows. Mungkin hal tersebut tidak bermasalah saat Anda memang bersedia untuk merelakan semua data  diakses oleh orang lain. Password yang disarankan adalah password yang tidak mudah ditebak dengan memberikan karakter-karakter tertentu. Untuk membuat password untuk akun Anda, bisa diakses melalui Control Panel > User Accounts Create a password for your account.
    Memberikan Password
    Isikan password yang Anda inginkan. Hint diisi jika Anda ingin memberikan petunjuk
    perihal password Anda.
  1. Menentukan User AccountDalam penggunaan komputer yang bersama-sama seperti pada lingkungan keluarga, Berikan akun tersendiri pada setiap user agar tidak semua user memiliki akses yang sama pada komputer Anda. Untuk membuat akun baru, Anda bisa mengakses Control Panel >User Accounts Manage another account Create new account. Isikan nama akun, dan tentukan jenis akunnya. Pilih jenis Standard Userkarena ada baiknya jika tipe administrator cukup satu saja agar tidak banyak yang bisa merubah sistem.
    Membuat Account Baru
    Alternatif lainnya adalah Anda bisa mengaktifkan guest account pada fitur Manage another account tadi. Dengan mengaktifkan guest account, maka user biasa bisa memakai komputer dengan akses yang dibatasi oleh administrator.
Tampilan Alternatif Account yang Bisa Anda Pakai

  1. Update Driver dan AplikasiAnda tentunya menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu untuk membantu menyelesaikan pekerjaan Anda. Entah itu aplikasi perkantoran, multimedia, web browser, dan sebagainya. Jika ada update terbaru dari aplikasi-aplikasi yang kita pakai, jangan ragu untuk melakukan update. Siapa tahu update tersebut bisa menutup celah atau kekurangan aplikasi yang bisa membahayakan sistem. Begitu juga dengan driver hardware, segera lakukan update jika memang tersedia update. Jika kesulitan untuk melakukan pengecekan, manfaatkan aplikasi dari pihak ketiga untuk memeriksa ketersediaan updater terbaru dari aplikasi yang kita pakai.
  1. Aktifkan Firewall saat berinternetWindows 7 memiliki default firewall yang bisa Anda manfaatkan sebagai pengamanan komputer dari kejahatan yang mungkin terjadi dalam network atau internet. Pengaturanfirewall bisa Anda temukan di Control Panel Windows Firewall. Untuk konfigurasinya secara umum bisa memilih Turn Windows Firewall on or off.
    Tampilan Firewall
    Anda bisa menggunakan firewall saat berada pada jaringan publik dengan mengaktfkan Windows Firewall untuk public network. Tapi ada kalanya antivirus yang Anda pakai memiliki Firewall sendiri yang juga bisa Anda manfaatkan sebagai pengamanan.
  1. Update WindowsUpdate Windows itu penting untuk memperbaiki kekurangan pada sistem operasi. Lakukan update Windows jika Microsoft telah menyediakan update terbaru. Agar lebih mudah, kita bisa mengatur Automatic Updatepada Windows 7. Khusus update Windows 7 sudah pernah  dibahas pada artikel sebelumnya tentang Manajemen Update Windows 7.
    Tampilan Update Windows
  1. Gunakan Fitur Action CenterFitur Action Center pada Windows 7 dapat memberikan notifikasi pada user tentang kondisi sistem saat itu. Apakah anti virus aktif, status Firewall, ketersediaan update, dan pesan-pesan terkait sistem lainnya. Biasanya notifikasi tersebut muncul di taskbar sebelah kanan.
    Tampilan Action Center Notifikasi
    Pengaturan Action Center bisa Anda buka di Control Panel Action Center Change Action Center setting. Tentukan pesan terkait sistem yang ingin Anda aktifkan sesuai dengan kebutuhan.
    Pengaturan Action Center

  1. Pasang Anti VirusTanpa anti virus sama saja dengan membahayakan sistem operasi. Virus atau program jahat lainnya bisa merusak sistem atau menurunkan performa Windows 7 kita. Tak hanya itu, virus juga sulit terdeteksi sehingga penanganan yang tidak tepat bisa jadi malah merusak sistem. Pencegahan itu lebih baik daripada mengobati, jadi install anti virus di Windows 7 agar terlindungi dari virus.Ada banyak anti virus gratis ampuh yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah Microsoft Security Essential yang disediakan oleh Microsoftsendiri.
  1. Upgrade Hardware
    Upgrade hardware juga bisa jadi salah satu metode pengamanan Windows 7. Apa memang bisa? Kita bisa ambil contoh TPM (Trusted Platform Module) yang terdapat padacontroller harddisk untuk melindungi dari program-program yang mencurigakan. Maka, jika dana mencukupi disarankan untuk mengganti harddisk Anda yang sudah berumur. Atau jika ada dana lebih, Anda bisa mengganti motherboard ke versi terbaru.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar