Kamis, 07 Juni 2012

Hisab memasang foto di facebook

Tentang dilarangnya seorang akhwat memasang foto pribadi / foto akhwat lain. Tolong berikan dalilnya?

Jawaban pertama:

Facebook adalah situs umum yang bercampur didalamnya laki-laki dan perempuan, ketika perempuan menaruh fotonya, meskipun hanya wajahnya saja yang Nampak ( karena anggota badan lain ditutupi) maka ini bertentangan dengan perintah Allah ta’ala untuk menutup diri dari lawan jenis, Allah ta’ala berfirman mengenai adab terhadap istri-istri Nabi shallallahu alaihi wa sallam:

وَإِذَا سَأَلْتُمُوهُنَّ مَتَاعًا فَاسْأَلُوهُنَّ مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ ذَلِكُمْ أَطْهَرُ لِقُلُوبِكُمْ وَقُلُوبِهِنَّ (الأحزاب:٥٣)

apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (isteri- isteri Nabi), Maka mintalah DARI BELAKANG TABIR. cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka.

Ayat ini berkenaan dengan isti Nabi yang notabene hati mereka lebih baik dari hati wanita sekarang, jadi muslimat zaman sekarang seharusnya lebih menutup diri dalam muamalah dengan lawan jenis karena hati mereka lebih mudah untuk terkena fitnah dan supaya tidak membikin lawan jenis terfitnah.

Jawaban kedua:


Wajah adalah pusat kecantiakan wanita, dan anggota badan itulah yang membuat pria tergila-gila, jadi membuka wajah saja tetap bisa menjadi sebab terfitnahnya laki-laki

Jawaban ketiga:

Kalau dikatakan, “salah laki-lakinya kenapa dia tidak menjaga pandangannya”: maka dikatakan bahwa secara normal laki-laki tertarik dengan wanita dan dia akan mencari cara untuk menuntaskan hasratnya tersebut, dan ketika dia digoda dengan gambar wajah akhwat yang ditampilkan secara jelas maka otomatis dia akan terfitnah.

Pria yang pada mulanya tergoda dengan tulisan-tulisan akhwat di facebook akhirnya lebih tergoda dengan foto-foto dari akhwat tersebut.
Secara mudahnya kita pakai logika, ada kucing yang sedang berjalan santai, tiba-tiba anda menggodanya dengan ikan, dan ketika ikan tersebut dimakan kucing, anda menyalahkan kucing tersebut.

Jadi, pria yang melihat-lihat dan memperhatian detail foto akhwat, dia telah salah, tapi perlu diketahui juga bahwa akhwat yang menampakkan foto-fotonya juga ikut andil atas munculnya kesalahan ini.

Tulisan ini sebagian besar diambil dari situs Tanya jawab islam berbahasa arab: http://islamqa.info/ar/ref/165186. dan pada situs tersebut ditanyakan pertanyaan yang sama dengan situs ini.


Sumber : http://www.salamdakwah.com/baca-pert...-facebook.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar