Rabu, 27 Juni 2012

Auto Shutdown dan Set Alarm di Windows 7 Menggunakan Aimp


Ada beberapa hal yang membuat Anda menginginkan Windows melakukan shutdown sendiri karena aktivitas yang Anda lakukan. Misalkan Anda mendengarkan musik sebagai salah satu pengantar tidur. Tentunya Anda tidak menginginkan komputer terus menyala dan “menyanyi” sepanjang malam saat Anda sudah tertidur karena selain juga tidak ada yang mendengarkan.
Di Windows ada banyak cara untuk bisa mengatur auto shutdown. Baik itu menggunakancommand prompt atau aplikasi tertentu. Nah, Kali ini kita akan mencoba melakukan auto shutdownmenggunakan AimpAimp merupakan freeware music player untuk Windows yang di dalamnya dilengkapi dengan fitur scheduler untuk melakukan auto shutdown dan alarmHomepage dan link download ada di alamat http://www.aimp.ru
tampilan aimp
Tampilan Aimp

Set Auto Shutdown Aimp

Kita asumsikan Windows kita sudah terinstall Aimp. Untuk mengaktifkan scheduler, jalankan Aimp lalu klik icon scheduler option(lingkaran kuning) seperti pada gambar di bawah ini.
mengaktifkan scheduler
Mengaktifkan Scheduler
Adakalanya icon scheduler option tidak berbentuk seperti itu tergantung dengan skin Aimp yang kita aktifkan. Tapi untuk skin default, icon memang berbentuk seperti itu. Setelah muncul window scheduler option, aktifkan scheduler lalu set pada jam berapa kita ingin komputer melakukanshutdown. Di scheduler ada beberapa option selain shutdown, diantaranya sleepclose application, dan stop playback. Selain itu pengaturan timer-nya juga ada at the end of playlist,at the end of queue, dan at the end of file. Semua bisa  digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.
tampilan scheduler
Tampilan Scheduler

Set Alarm Aimp

Selain shutdownscheduler option juga memiliki fungsi alarm yang bisa kita gunakan untuk mengingatkan kita akan sesuatu. Kita tinggal mengatur jam berapa alarm berbunyi, lalu kita pilih sebuah file suara atau musik sebagai penanda bunyi alarm. Di sana juga ada pengaturan volume alarm dan juga pengaturan peningkatan volume alarmsecara bertahap sesuai kebutuhan.
tampilan alarm scheduler
Set Alarm Scheduler
Manfaatkan teknologi dengan bijak, dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar